Generasi Qur'ani

Generasi Qur'ani

Pages

Selasa, 23 April 2013

DISKUSI PUBLIK 2013 *KSEI-FSQ*

Pada hari sabtu, tanggal 9 maret 2013 KSEI-FSQ Fakultas Ekonomi Unlam kembali mengadakan sebuah acara diskusi public dengan tema “Arah yang Menentukan Perekonomian Indonesia  tahun 2013 ”. Acara diskusi public ini dihadiri oleh berbagai macam aktivis, dosen, masyarakat umum dan para mahasiswa fakultas ekonomi sendiri.

Acara yang berlangsung dari jam 08.00-12.30 ini cukup membuat peserta antusias. Terlihat dari peserta yang serius meyimak apa-apa yang dipaparkan para pembicara. Diskusi public kali ini menghadirkan 3 orang pembicara.






Pembicara pertama, Syarituah Siregar, SE. MA yang merupakan dosen fakultas ekonomi lambung mangkurat. Beliau memaparkan tentang refleksi perekonomian Indonesia ditahun 2012, bagaimana semua sector ekonomi baik itu dari segi mikro maupun makro nya yang saling berhubungan.

Pembicara kedua, Hidayatullah Muttaqin, SE. M.Si juga merupakan dosen fakultas ekonomi lambung mangkurat. Beliau memaparkan tentang bagaimna ekonomi Islam bisa menjawab berbagai permasalahan ekonomi yang terjadi, baik itu di Indonesia maupun di berbagai negara lain. Karena pada dsarnya, ekonomi yang dianut dunia sekarang ini merupakan ekonomi kapitalisme, sehingga permasalahan yang munculpun diakibatkan oleh berbagai hal yang sma persis.

Pembicara ketiga,Dr. Ichsanudin noorsy, SH, M.Sc yang merupakan pengamat perekonomian Indonesia. Terlihat dari fakta-fakta ekonomi Indonesia yang beliau sampaikan, sehingga bisa memprediksi bagaimana gambaran perekonomian Indonesia kedepannya. 
Setelah para pembicara memaparkan materinya masing-masing, para peserta pun banyak yang unjuk tangan untuk bertanya. Karena memang acra kali ini mengharapkan para peserta antusias dan bersemangat untuk saling berdiskusi.

Dari hasil diskusi yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan. Ternyata masalah-masalah ekonomi  yang ssering terjadi akibat adanya system yang diterapkan, bukan karena masalah tekhnis semata. Terlihat dari banyaknya serta seringnya masalah-masalah ekonomi yang terjadi di Indonesia. Dari korupsi, perampokan, pencurian, kemiskinan, harga bahan pokok yang selalu naik, pendidikan yang mahal, serta adanya permainan kongkalikong antara peran pemerintah dengan para pengusaha swasta.
Sehingga yang terjadi adalah yang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin miskin saja. Terlihat bagaimana peran pemerintah sangat minim dalam menangani kesejahteraan rakyatnya sendiri. Ketika yang terjadi adalah karena masalah system, maka sudah sepantasnya lah system itu sendiri yang harus diganti. sooo... good luck !! 

Sampai ketemu di acara kami selanjutnya yahhh.... ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar