Generasi Qur'ani

Generasi Qur'ani

Pages

Rabu, 29 Oktober 2014

Kuliah Informal Ekonomi Islam (KIEI) ke 1


Sebagai bukti atas kecintaan kepada Rosululloh SAW, keluarga besar KSEI-FSQ Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyelenggarakan Kuliah Informal Ekonomi Islam (KIEI) . Kegiatan ini di bentuk agar Mahasiswa dapat memahami dan mengerti dengan Ekonomi Islam sebab ilmu tersebut tidak di jadikan rujukan utama dalam perekonomi sekarang ini.

Acara kali ini diadakan pada hari Selasa, 28/10/2014, jam 16.00 di ruang 6 FEB Unlam. Alhamdulillah , Walaupun saat sore hari lelah dan kecapian sudah memuncak setelah kuliah mulai pagi, namun tidak mengurangi semangat para peserta untuk menghadiri kuliah yang Allah ridhoi ini.

Pertemuan pertama diawali dengan materi “Pengatar Ekonomi Islam” oleh dosen pengajar Rahaman Fauzan. MT (Master Industrial Strategic Management dan Direktur Klinik Bisnis Syariah). Pembelajaran pengatar Ekonomi Islam kali ini adalah:
- Menjelaskan tentang Ekonomi Islam
- Istilah-istilah Ekonomi
- Kegitan-kegitan Ekonomi (Produksi, Konsumsi dan Distribusi)
- Bidang Ekonomi :
a. Ilmu Ekonomi (Memperbanyak jumlah dan menjaga pengedaanya [Faktor produksi)
b. Sistem Ekonomi (Tatacara distribusi kekayaan di tengah masyarakat [Konsep dan Pemikiran Ekonomi)
- Masalah-masalah Ekonomi
Menurut Islam, Masalah Ekonomi yang sebenarnya terletak pada masalah distribusi kekayaan di tengah-tengah masyarakat.
- Solosinya
a. Pemecahannya dengan menjamin pemenuhan setiap warga negara, sehingga pusat perhatian pada manusianya bukan barang yang diproduksi
b. Pengaturan Ekonomi pada masalah perolehan kekayaan (Kepemilikan) pengelolaannya dan distribusi kekayaan.

Kira kira pukul 17.45, Materi terkait pengatar Ekonomi Islam sudah banyak di sampaikan serta para peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan materi dari Ust. Rahman Fauzan. Acara terakhir adalah Diskusi, Alhamdulillah peserta banyak mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai pemaparan yang telah di jelaskan.

Semoga kegiatan ini menumbuhkan generasi-generasi yang peduli dengan problematika umat dan negara terutama dalam bidang ekonomi. Allahu Akbar...!
Salam Ekonom Rab’bani....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar